Profil

SEJARAH SINGKAT KELURAHAN HADIMULYO TIMUR

Sebagai hasil dari pemekaran Wilayah Kota Metro ,Sejarah Kelurahan Hadimulyo Timur tidak terpisahkan dari sejarah berdirinya Kelurahan Hadimulyo Timur,dalam Naskah ini akan diuraikan sebagai awal berdirinya Kelurahan Hadimulyo Timur.

Pada tahun 1937 datang rombongan kolonisasi dari pulau Jawa yang ditempatkan di bedeng No 22 sejumlah + 50 KK.Rombongan Kolonisasi tersebut berasal dari jogjakarta dan ponorogo ( Jawa Timur )yang kemudian ditempatkan ditengah-tengah hutan tepatnya disebelah Barat Kota Metro ( + 1 KM dari Kota Metro Sekarang ).

Rombongan tersebut sebelum ditempatkan didaerah yang baru ,terlebih dahulu dipondokan didaerah yang telah dibuka,untuk memenuhi kebutuhan Hidup mereka .setelah mereka dapat penghasilan dan bekal untuk pangan lalu mereka dipindahkan ke Bedeng No 22.setelah ditempetkan ditempat yang baru ,mereka mengadakan gotong –royong menebang Hutan guna dijadikan lahan pekarangan dan ditanami dengan tanaman Pangan.Desa Baru itu berpenduduk + 158 Orang.

Pada Tahun 1938 belum dibentuk / ditunjuk pamong Desa / Pimpinan Bedeng (Kepala Bedeng),dan Kantor Administrasinya serta jaga baya.Kondisi sarana Transportasiperhubungan tidak memadai,hanya ada jalan darurat dari arah Kota Metro ke Tanjung Karang ,jadi Wilayah bedeng No 22 ini masih merupakan daerah umbul tertutup.

Tahap demi tahap rombongan kolonisasi terus mengalir,sehinga Wilayah bedeng No 22 menjadi Luas.pada Tahun 1940 setelah memenuhi syarat dibentuklah  Desa Bedeng 22,yang pada perkembangan selanjutnya menjadi Desa Hadimulyo.secara Administratif Desa Hadimulyo berada dibawah kantor Kewedanan Metro.

Sesuai dengan peningkatan Kota Administratif menjadi Kotamadya berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tk II Way Kanan,Kabupaten Daerah Tk II Lampung Timur dan Kotamadya Metro dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 25 Tahun 2000 tentang Pemekaran Wilayah Kota Metro Menjadi 5 (Lima ) Kecamatan dan 22 ( Dua puluh dua )Kelurahan.

Adapun Kelurahan Hadimulyo dimekarkan menjadi 2 (dua )Kelurahan Yaitu Wilayah Kelurahan Hadimulyo Sebelah Barat menjadi Kelurahan Hadijaya yang kemudian berubah nama menjadi Kelurahan Hadimulyo Barat .Wilayah Kelurahan Hadimulyo sebelah Timur menjadi Kelurahan Hadimulyo Timur.

Dan batas Kelurahan Hadimulyo Timur adalah

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Karang Rejo dan Purwosari
  2. Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kelurahan Imopuro dan Hadimulyo Barat
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Banjarsari
  4. Sebelah Timur Berbatasan dengan Kelurahan Yosomulyo dan Yosorejo.

DASAR HUKUM PEMBENTUKAN KELURAHAN:

Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 25 Tahun 2000 tentang Pemekaran wilayah Kota Metro menjadi 5 Kecamatan dan 22 Kelurahan.